Yang Menghalangi Antara Dirimu Dengan Taubat (Bagian 3-Selesai)

Oleh: Abdul Muhsin bin Abdur Rahman

Maka ketahuilah bahwa seorang itu mungkin saja berbuat dosa, namun ia akhirnya masuk surga karena dosanya itu. Tahukah kamu, bagaimana hal itu bisa terjadi?

Yang demikian itu bisa saja terjadi karena ia melakukan sesuatu perbuatan dosa, namun ia menyesalinya, menangis karena perbuatan itu, dan ia malu terhadap Tuhannya, mendudukkan kepala di hadapan Tuhannya dengan hati yang hancur.

Dosa sedemikian inilah yang menjadikan kebahagiaan seorang hamba dan keberuntungannya, bahkan bisa jadi lebih bermanfaat dari berbagai macam kebajikan, karena taubatnya dari dosa ini telah menjadikannya masuk surga. Wahai pendamba surga, wahai orang yang takut akan siksa neraka, inilah sekelompok cerita orang yang telah bertaubat. Adakah engkau akan berjalan di
belakang mereka? Inilah sekumpulan orang-orang yang telah bertaubat, adakah hatimu bersama mereka?

Inilah orang yang memohon ampunan yang air matanya mengalir di wajah-wajah mereka. Adakah wajahmu juga basah oleh air mata yang menjadikanmu segolongan dengan mereka?

Saudaraku, ini adalah ajakan yang jujur dari Allah, yang telah berrman,

Dan bertaubatlah kepada Allah, hai orang-orang yang beriman
supaya kamu beruntung. (An-Nur: 31).

Sesuatu yang harus saya peringatkan juga kepada kalian, sebenarnya tidak ada manfaat bagi kalian untuk menghibur kesedihan kalian ini dengan cara mendengar lagu-lagu, atau melihat pertandingan sepak bola yang kadang kalah dan kadang menang, atau jalan-jalan keluar rumah, apalagi mencari kesenangan dengan perbuatan haram, sama sekali tidak ada manfaatnya, saudaraku!

Itu bukanlah caramu. Itu bukanlah cara-cara orang yang telah Allah bicarakan tentang mereka dalam ayat-Nya,

Dan orang-orang yang kar itu bersenang-senang (di dunia) dan
mereka makan seperti makannya binatang-binatang. Dan neraka
adalah tempat tinggal mereka.(Muhammad: 12).

Saudaraku, engkau masih lebih baik dari mereka! Engkau diciptakan di dunia ini untuk suatu perkara yang agung, engkau dipersiapkan untuk menerima tanggung jawab yang besar. Seorang penyair berkata,

Mereka telah mempersiapkanmu untuk suatu perkara
Jika engkau pintar, maka jauhkan dirimu dari kesia-siaan.

Saudaraku,…
Jika tujuanmu sekarang tak lain dan tidak bukan adalah keridhaan Yang Maha Esa, maka lihatlah kepada amal perbuatanmu, apakah amalmu itu menjadikan Tuhanmu meridhaimu atau tidak?

Jika keinginanmu sekarang adalah surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, maka perhatikanlah, apa yang telah engkau lakukan untuk menjadikanmu masuk surga?

Renungkanlah dengan jujur dan ketahuilah bahwasanya mungkin saja engkau tidur dan tidak akan bangun lagi. Atau kau kenakan pakaian yang tidak pernah kau buka lagi, tetapi dibukakan orang yang memandikanmu. Atau engkau mengendarai mobilmu namun engkau tidak lagi turun dari mobilmu melainkan tubuhmu yang sudah kaku.

Maka keadaan seperti apa yang engkau inginkan ketika engkau harus mati? Pada saat bagaimana yang engkau inginkan di saat harus meninggalkan duniamu?

Saudaraku,…
Pada akhir renungan ini, saya ungkapkan kepadamu apa yang telah disabdakan oleh Rasulullah,

Sesungguhnya Allah membuka tangan-Nya pada malam hari agar orang yang berbuat kejahatan pada siang hari mau bertaubat. Dan dia membuka tangan-Nya pada siang hari, agar orang yang berbuat kejahatan pada malam hari mau bertaubat.(HR. Muslim)

————————————————————————————

Disalin dari terjemahan kitab “Fasatadzkuruna ma Aqulu Lakum”, edisi Indonesia “Bagaimana Bila Ajal Tiba” oleh Abdul Muhsin bin Abdur Rahman, Darul Haq, hal. 38 – 52.

Sumber: Kompilasi Artikel dan Tanya Jawab An-Najiyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: