Fitur Baru Google (Google Drive-Cloude Storage)

Sering berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, maka semakin besar pula kebutuhan manusia untuk mendapatkan informasi digital. Sekarang-sekarang ini banyak sudah media penyimpanan data digital yang online yang sama halnya sepert media penyimpanan data flashdisk akan tetapi media online ini tidaklah membutuhkan bentuk fisik layaknya sebuah drive lainnya. Media penyimpanan online ini di pandang lebih hemat biaya, relatif lebih aman, dan relatif lebih fleksible. Inilah Cloud Storage.

Sebenarnya ada banyak pilihan Cloude Storage akan tetapi, di sini saya akan membahasa salah satu Cloude Storage yang baru-baru ini di rilis oleh Google. Layanan ini bernama Google Drive.

Apa itu Google Drive?
Google Drive adalah media peyimpanan online yang berbasis teknologi awan (cloud) Google).  Layanan ini akan berintegrasi dengan layanan sebelumnya yaitu Google Docs. Google Drive juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses layanan ini dari manapun mereka berada dan mengerjakan dokumen kerja dalam waktu yang bersamaan.
*) Selama pengguna memiliki akun Google dan terdapat akses (koneksi) ke internet

Google Drive juga bisa meyimpan berbagi file digital seperti doc, excell, power point, text, PDF, musik, Mp3, Mp4, dll. File foto, gambar, hasil scan, video. Sampai ke file ber format khusus yang dibutuhkan pekerjaan ataupun kehidupan kita sehari-hari. Intinya, semua jenis file digital. Hal ini menunjukan bahawasannya Google Drive adalah sebuah flashdisk online.

Berapakah kapasitasnya?
Dengan baik hatinya Google memberikan kapasitas yang cukup besar pada Google Drive yaitu sebesar 5Gb. Kapasitas yang cukup besar bagi diri saya. Hehe, selain itu juga Google Drive bisa di tambahkan kapasitasnya sampai dengan 1 TB (terabit). Waw, luar biasa banget dah itu kapasitsnya. Tentunya penambahan kapasitas tersebut tidak di berikan secara cuma-cuma, karena bagi pengguna yang akan menambah kapasitasnya di kenakan biaya tambahan.

Lantas siapakah yang bisa menggunkannya?
Setelah kita mengetahui Apa itu Google Drive maka kitapun harus tahuh siapa sajakah yang bisa menggunakannya?, Layanan ini bisa di gunakan oleh semua pengguna yang memiliki akun Google (gmail). So, kalau yang belum punya akun Google silah kan Create dulu dan mencoba layanan terbaru ini.

Apakah Keuntungan Google Drive?
1. Tidak perlu membeli media penyimpanan portable (flashdisk, harddisk portable) digital.
2. Tidak perlu membawa-bawa media penyimpanan portable kemanapun kita pergi.
3. Relatif lebih aman dari kemungkinan data hilang akibat dari rusaknya media penyimpanan portable milik kita (akibat banjir, jatuh, nyemplung di bak, tertindih, terbakar, konsleting listrik, dll), resiko pencurian, resiko lupa membawa media penyimpanan portable, dll.
4. Dimanapun ada gadget (laptop, smartphone, tablet, dll) yang bisa terhubung ke internet, kita bisa tetap mengakses file yang sudah kita simpan di Google Drive.
5. Kita bisa langsung share file kita dengan orang lain (1 orang / beberapa orang sekaligus). Dan kita juga bisa membatasi hak akses mereka (hanya melihat, atau bisa meng-edit secara langsung). Tanpa harus bertukar media penyimpanan portable kita. Tanpa harus membawa / mengirimkan media penyimpanan portable kita.
6. Mengurangi resiko data hilang / rusak akibat virus komputer.
7. Hanya dengan 1 akun Gmail, setiap file yang kita simpan di Google Drive bisa kita lihat dan edit dari semua gadget kita. Misalnya, file dokumen pekerjaan yang kita buat di kantor dan disimpan di Google Drive, bisa kita lihat dan edit dari smartphone / tablet kita, dan juga bisa kita lihat dan edit dari PC di rumah / tempat lain, tanpa perlu media penyimpanan portable.
(Sumber: Teknologi.Kompasiana.com)

Apa kerugian menggunakan Google Drive ?
1. Kita harus memiliki akses internet pada semua gadget (laptop, netbook, smartphone, tablet, dll) dan PC kita. Tentu diperlukan biaya berlangganan.
2. Jika ada orang yang men-share file berukuran besar (kalo mengikuti standar Yahoo, ukuran file yang dianggap besar adalah lebih dari 2 Megabyte atau 2 Mb) kepada kita, kita harus mengimbangi-nya dengan koneksi internet yang baik (cepat dan stabil), yang biasanya biaya berlangganan-nya pun juga lebih mahal.
(Sumber: Teknologi.Kompasiana.com)

Untuk mendaftar ke layanan ini silahkan masuk ke drive.google.com kemudian pilih Button masuk/login, masukan email dan password anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil..

———————————————————————————————-

Referensi:
-> www.republika.co.id
-> Teknologi.Kompasiana.com
-> drive.google.com

Artikel: ALKARAKANIU.WORDPRESS.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: