Keutamaan Shalat

Bismillah,

Shalat adalah ibadah yang utama dan berpahala sangat besar. Banyak hadist-hadist yang menerangkan hal itu, akan tetapi dalam kesempatan ini kita cukup menyebutkan beberapa di antaranya sebagai berikut:

Ketika Rasulullah Shallaallahu `alaihi wassalam ditanya tentang amalan yang paling utama, beliau menjawab: “Shalat pada waktunya.”
(Muttafaq `alaih)

Sabda Rasulullah Shallaallahu `alaihi wassalam:

“Bagaimana pendapat kamu sekalian, seandainya di depan pintu masuk rumah salah seorang di antara kamu ada sebuah sungai, kemudian ia mandi di sungai itu lima kali dalam sehari, apakah masih ada kotoran yang melekat di badannya?” Para sahabat menjawab: “Tidak akan ada tersisa sedikit pun kotoran di badannya.” Bersabda Rasulullah Shallaallahu `alaihi wassalam: “Maka begitu pulalah perumpamaan shalat lima kali sehari semalam, dengan shalat itu Allah akan menghapus semua dosa.” (Muttafaq `alaih)

Sabda Rasulullah Shallaallahu `alaihi wassalam:

“Tidak ada seorang muslim pun yang ketika shalat fardhu telah tiba kemudian dia berwudhu dengan baik dan memperbagus kekhusyu`annya (dalam shalat) serta rukunya, terkecuali hal itu merupakan penghapus dosanya yang telah lalu selama dia tidak melakukan dosa besar, dan hal itu berlaku sepanjang tahun.” (HR. Muslim)

Sabda Rasulullah Shallaallahu `alaihi wassalam:

“Pokok segala perkara itu adalah Al-Islam dan tonggak Islam adalah shalat, dan puncak Islam itu adalah jihad di jalan Allah.”
(HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan lainnya, hadist shahih)

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Alquran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
(QS. Al-Ankabut[29]:45)

—————————————————————————————————————

Al Imam Ahmad berkata:

“Sesunguhnya kualitas keislaman seseorang adalah tergantung pada kualitas ibadah shalatnya. Kecintaan seseorang kepada Islam juga tergantung pada kecintaan dalam mengerjakan shalat. Oleh karena itu kenalilah dirimu Wahai hamba Allah!!! Takutlah kamu jika nanti menghadap Allah Azzawajalla tanpa membawa kualitas keislaman yang baik. Sebab kualitas kualitas keislaman dalam hal ini ditentukan oleh kualitas ibadah shalatmu.”
(Ibnul al Qayyim, ash  Sholah, hal 42 dan ash Sholah wa hukmu taarikihaa, hal 170-171)

Sumber: Aplikasi HP Risalah Shalat di Publikasikan oleh ALKARAKANIU.WORDPRESS.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: