Membuat Arsip/Daftar isi pada Blog WordPress

Bismillah,
Sering saya berkunjung ke blog/web (terkhusus blog wordpress) untuk mencari ilmu-ilmu bermanfaat atau info. Dan tidak sedikit di setiap blog itu ada halaman ARSIP ARTIKEL/DAFTAR ISI, halaman yang berisi arsip-arsip/data-data hasil postingan dari web/blog. Dan saya pun penasaran untuk mencari bagaimana cara untuk menampilkan arsip artikel di blog saya pada pages. Alhamdulillah, tidak lama saya mencari saya menemukan cara membuat arsip artikel pada halaman blog wordpress. Berikut ini saya ingin berbagi bagaimana cara menampilkan arsip web/blog yang saya dapat dari link ini kemudian saya posting kembali dengan bahasa saya sendiri (lagi belajar menangkap informasi dari tulisan).

1. Masukan ke halaman Admin dari web/blog Anda.

2. Kemudian masukan ke menu PAGES >> ADD NEW.

Gambar 1.1. PAGES >> ADD NEW

3. Isi Judul halaman yang ingin di buat “ARSIP ARTIKEL atau DAFTAR ISI”.
4. Masukann kode di bawah ini pada field isi pages.

5. Setelah selesai semua maka klik tombol Publish.

Beberapa opsi Archives shortcode yang bisa digunakan.

Berikut ini adalah beberapa pilihan kode untuk mengkustomisasi bentuk daftar isi yang akan kita buat:

  1. Type = yearly, monthly, weekly, daily, postbypost.
    Adalah jenis arsip yang akan ditampilkan, seperti arsip pertahun, perbulan, perminggu, perhari, ataupun perjudul. Pilihannya adalah:
  2. Format = html, option.
    Adalah bentuk atau format dari arsip yang ditampilkan apakah dalam bentuk list ataukah dalam bentuk dropdown
  3. Limit = “angka jumlah postingan yang akan ditampilkan”
    Adalah jumlah batas arsip yang ditampilkan dalam daftar isi
  4. Showcount = true, false
    Untuk menampilkan jumlah judul post di tiap arsip tahun atau bulan atau minggu atau hari.
  5. Before = “HTML Tags”
    Adalah kata-kata atau bisa juga kode HTML sebelum arsip entry
  6. After = “HTML Tags”
    Adalah kata-kata atau bisa juga kode HTML setelah arsip entry

Berikut ini hasil dari halaman archives yang sudah di buat.

Gambar 1.2. HASIL HALAMAN ARSIP

 

SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERHASIL🙂

Artikel: ALKARAKANIU.WORDPRESS.com

Leave a Reply

