Taubatnya Seorang Perokok

Prolog

Ini adalah sebuah kisah yang dialami oleh seorang pria tua yang di anugerahi ketaatan oleh Alloh Ta’ala yang dengan ucapannya dapat merubah kebiasaan buruk seorang pemuda yang kecanduan merokok. Hingga akhirnya pemuda tersebut berubah drastis dari prilaku yang buruk dan menjadi pemuda yang sholih.

———————————————————————————————————————————————–

Pada suatu hari pria ini pergi ke sebuah klinik dokter, di klinik tersebut ia menunggu gilirannya. Diantara orang-orang yang menunggu itu ada seorang pemuda yang masih belia. Pemuda ini mengeluarkan rokok, ia memutarkan korek api dengan penuh gaya kemudian ia meletakkan rokok itu di bibirnya dan merokok dengan lahap.

Pria itu lantas menoleh kepadanya dan berkata, “Anakku aku memohon kepada Allah Ta’ala agar memberikan engkau hidayah, kamu telah menyakiti diri kamu sendiri dan menyakiti kami. Kalau kamu bersikeras untuk merokok maka jangan memaksa kami untuk merokok, karena kami juga merokok dari asap yang kau hembuskan ke udara yang ada di ruangan ini”. Si pemuda itupun menjawab, “Pertama, saya akan tetap merokok tak peduli Anda suka atau tidak. Kedua, Siapa yang bilang kepada Anda bahwa rokok itu haram atau merusak?”.

Kemudian pria itu berkata, “Sebelum kamu meletakkan rokok itu di mulutmu, apakah kamu membaca Basmallah? Ya, tidak (baca:Jawab pemuda itu sambil keheranan)”, dan pria itupun berkata kembali “Jika selesai merokok, apakah kamu membaca doa? Ya, tidak (baca:Jawab pemuda itu)”, dan pria itu berkata “Jika kamu memakan makananmu, dan ada sisa kenikmatan, apakah kamu akan menginjaknya dengan kaki? Tidak (baca:Jawab pemuda itu)”, kemudian pria itu berkata lagi, “Lalu, apa yang kau lakukan terhadap puntuk rokok itu? Ya, saya injak dengan kaki saya, pria itu pun kembali berkata, “Kalau wadah ini sudah penuh dengan puntuk rokok yang telah kau hisap, dan kamu datang ke tempat yang berisi makananmu dan keluargamu, apakah kamu akan menaruh puntuk-puntuk tersebut atau menaruhnya di tempat sampah? Semoga Allah Ta’ala menjadikan engkau orang yang mulia”, kakek itu terus bertanya kemudian pemuda itu menjawab, “Saya akan membuangnya ke tempat sampah, karena makanan merupakan sesuatu yang baik, maka saya tidak akan menaruhnya di sana”.

Pria itu berkata, “Anakku, itu semua menunjukkan haramnya merokok. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman: “Dan janganlah kamu membunuh dirimu sendiri, karena sesunggunya Allah Maha Penyayang kepadmu”(QS. An Nisa;29)”

Para dokter diseluruh dunia telah menyatakan bahwasannya merokok penyebab kerusakan badan dan kematian, selain itu juga rokok penyebab utama penyakit kanker gusi, kanker mulut dan juga berbagai penyakit kanker lainnya. Semoga Allah Ta’ala melindungi kami dan anda semua dari berbagai penyakit. Allahumma Aamiin

Rasulullah Shallaallahu `alaihi wassalam bersabda

“Janganlah menimbulkan bahaya dan janganlah membalas sesuatu dengan bahaya”

Oleh karena itu anakku, aku menasihatimu karena Allah Ta’ala agar kamu berhenti merokok.

Pada suatu hari, pria itu sedang memberhentikan taksi untuk mengantarnya ke suatu tempat. Tiba-tiba seorang pemuda berkata kepadanya, “Naiklah paman, saya akan mengantar Anda” lalu pria itu menolak. Lantas pemuda itu berkata, “Apakah anda tidak mengenal saya”, pria itu menjawab “Tidak”. Lantas pemuda itu berkata kembali, “Naiklah bersama saya, lantas saya akan memberitahukan siapa saya”.

Setelah pria itu naik, ia menjumpai seorang pemuda yang berjenggot dengan wajah pucat dan terdapat tanda-tanda kebaikan. Lalu pemuda itu bertanya, “Demi Allah, apakah anda benar-benar tidak mengenal saya?” tidak jawab pria tersebut. Saya adalah orang yang Anda tanya, “Apakah kamu membaca Basmallah saat merokok dan apakah kamu membaca Alhamdulillah saya selesai?”, saya telah memikirkan perkataan Anda selama beberapa hari dan sampai akhirnya Allah Ta’ala melapangkan dada saya untuk menerima nasihat Anda tersebut maka sayapun berhenti merokok. Pria itupun merasa gembira dengan taubatnya dan hidayah yang di dapat pemuda tersebut, karena dirinya adalah orang yang berada di balik taubatnya pemuda tersebut dan juga di dalam diri pemuda tersebut terdapat benih yang baik, sehingga pemuda tersebut mau menerima nasihatnya.

Semoga kita semua bisa mengambil manfaat dari kisah ini, dan termasuk di dalam timbangan kebajikan kita dengan izin Allah Ta’ala dan jangan lupa untuk memanjatkan doa kepada saudara-saudara muslim kita termasuk pemilik kisah ini. Wallahu Alam

Di sadur dari Radio Fajri-Suara Kebangkitan Islam (Kisah Penggugah Hati-Taubatnya Seorang Perokok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: